Ciptakan Kantor Ramah Lingkungan

Ciptakan Kantor Ramah Lingkungan

Kantor Ramah Lingkungan

Ciptakan Kantor Ramah Lingkungan

Pada era modern ini, isu kelestarian lingkungan menjadi semakin menjadi perhatian. Dampak perubahan iklim yang kian terasa, mendorong berbagai pihak untuk mengambil langkah nyata. Namun tahukah kamu, bahwa di balik megahnya gedung perkantoran terdapat dampak lingkungan yang signifikan jika tidak dikelola dengan baik, diantaranya:

  • Bahan bangunan

Beton, baja, kaca, dan material lainnya yang diekstraksi dan diolah, menghasilkan emisi gas rumah kaca dan polusi udara. 

  • Energi

Operasional gedung tinggi membutuhkan energi yang besar untuk pencahayaan, pendingin ruangan, pemanas ruangan, dan sistem lainnya yang dapat berdampak pada emisi gas rumah kaca dan pemanasan global. 

  • Air

Konsumsi air untuk keperluan operasional gedung, seperti sanitasi dan lanskap, dapat membebani sumber daya air lokal.

Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan membangun kantor ramah lingkungan. Kantor ramah lingkungan, atau Eco-office, merupakan kantor yang dirancang dan dikelola dengan memperhatikan prinsip-prinsip keberlanjutan. Tujuannya adalah untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dan meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya.  Secara lebih detail, manfaat kantor ramah lingkungan adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi biaya operasional

Kantor ramah lingkungan dapat menghemat biaya energi, air, dan bahan baku. Hal ini dapat dicapai dengan menerapkan berbagai strategi, seperti menggunakan peralatan hemat energi, mendaur ulang sampah, dan mengelola air secara efisien.

 

  • Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan karyawan

Hadirnya karyawan tentu sangat penting untuk keberlangsungan perusahaan. Maka dari itu perusahaan harus dapat menjamin kesehatan dan kesejahteraan karyawannya dengan cara menerapkan kantor yang ramah lingkungan, seperti memiliki kualitas udara yang lebih baik, pencahayaan alami yang optimal, dan desain yang ergonomis.

 

Kantor yang ramah lingkungan umumnya memiliki kualitas udara yang lebih baik, pencahayaan alami yang optimal, dan desain yang ergonomis. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan dan produktivitas karyawan.

 

  • Meningkatkan citra perusahaan

Perusahaan yang menerapkan kantor ramah lingkungan tentu akan mendapatkan citra yang positif di mata publik. Hal ini dapat meningkatkan daya tarik perusahaan bagi investor, pelanggan, dan calon karyawan.

Saat ini banyak gedung perkantoran yang menerapkan green building, salah satunya adalah Telkom Landmark Tower (TLT). Pada tahun 2022, TLT memperoleh penghargaan Winner Sustainable Building 2022 oleh FIABCI Prix d’Excellence, sebagai pengakuan gedung yang ramah lingkungan. TLT mengusung konsep green Building dengan menggabungkan sirkulasi udara dan pencahayaan baik alami maupun buatan untuk meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan. Water Pollution Reduction, Air Pollution Reduction, dan Waste Management yang baik menjadi 3 fondasi TLT dalam menjaga lingkungan.

Membangun kantor ramah lingkungan adalah langkah penting untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan, dengan menerapkan berbagai strategi sederhana perusahaan dapat berkontribusi dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan karyawan.

Mari bersama-sama wujudkan kantor ramah lingkungan demi masa depan yang lebih lestari!