Bekerja di tempat yang nyaman dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern tentu berpengaruh pada produktivitas saat bekerja. Coworking space merupakan ruang kerja multifungsi yang menjadi solusi untuk para karyawan yang ingin bekerja secara fleksibel. Ruang yang disediakan dirancang mirip dengan kantor, namun dapat disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing individu. Coworking space ini juga menjadi pilihan ideal bagi para freelancer yang terbiasa bekerja secara fleksibel dari mana saja.
Ada bermacam-macam jenis coworking space yang tersedia di Jakarta. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan dan menyesuaikan beberapa hal saat memilih coworking space untuk bekerja. Coworking space yang hendak dipilih sebaiknya sesuai dengan preferensi pribadi dengan mempertimbangkan lokasi, harga, fasilitas yang disediakan, hingga tingkat kenyamanan ruangan. Yuk simak tips memilih coworking space yang tepat agar lebih produktif!
1. Pertimbangkan lokasi
Salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih coworking space untuk bekerja adalah lokasinya. Lokasi yang strategis dan sesuai kebutuhan akan berdampak besar pada kenyamanan, efisiensi waktu, serta produktivitas kerja. Saat memilih coworking space, sebaiknya pertimbangkan lokasi yang strategis dengan akses yang mudah dijangkau oleh transportasi umum atau pribadi. Lokasi coworking space yang mudah dijangkau dan dapat diakses dengan transportasi umum akan menghemat waktu, energi, dan pengeluaran #SobatTLT.
2. Pilih biaya sewa atau biaya langganan yang sesuai
Selanjutnya biaya sewa atau langganan bulanan coworking space juga perlu dipertimbangkan. Pilihlah coworking space dengan biaya yang sesuai dengan budget atau kebutuhan #SobatTLT. Biasanya terdapat penawaran dengan biaya yang beragam, tergantung pada fasilitas dan keunggulan yang diberikan. Beberapa coworking space juga sering kali menawarkan promo khusus, atau free trial untuk para pengguna baru. Penawaran ini menjadi peluang yang baik untuk mencoba kenyamanan yang diberikan sekaligus fasilitas yang tersedia sebelum memutuskan untuk berlangganan.
3. Perhatikan fasilitas yang disediakan
Setelah mengetahui biaya sewa coworking space, penting untuk memerhatikan fasilitas apa saja yang disediakan. Fasilitas menjadi salah satu faktor utama yang menentukan kenyamanan dan produktivitas saat bekerja di coworking space. Fasilitas yang lengkap dan sesuai kebutuhan akan mendukung #SobatTLT lebih fokus bekerja. Oleh karena itu, pastikan biaya yang dikeluarkan sebanding dengan fasilitas yang diberikan. Perhatikan beberapa fasilitas yang seharusnya tersedia di coworking space untuk memudahkan #SobatTLT saat bekerja, mulai dari akses internet cepat, ruang meeting, printer atau scanner, kopi atau teh gratis, hingga jam akses yang ditentukan.
4. Gabung komunitas
Salah satu keunggulan utama dari coworking space dibandingkan bekerja di rumah atau kafe adalah adanya fleksibilitas. Banyaknya para karyawan atau freelancer di coworking space dengan tujuan yang sama biasanya terdapat komunitas profesional di dalamnya. Coworking space sebenarnya bukan hanya soal tempat kerja, tetapi juga tentang kesempatan untuk membangun relasi, belajar, dan berkembang bersama orang-orang dengan semangat yang sama. Bergabung dalam komunitas dapat memperluas jaringan, berbagi ide, bahkan menemukan peluang kolaborasi atau proyek baru di masa depan.
5. Perhatikan jam operasional
Jam operasional coworking space juga dapat memengaruhi durasi waktu produktif saat bekerja, terutama bagi mereka yang memiliki jadwal fleksibel. Oleh karena itu, jam operasional merupakan salah satu hal penting yang sering luput diperhatikan saat memilih coworking space. Saat memilih coworking space, pastikan jam operasionalnya sesuai dengan waktu produktif #SobatTLT agar kenyamanan dan efisiensi kerja tetap terjaga. Coworking space yang buka lebih pagi atau hingga larut malam memberi keleluasaan untuk memilih waktu kerja yang lebih tenang dan fokus.
Kerja Lebih Produktif di Coworking Space Telkom Landmark Tower
Hal-hal di atas perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan coworking space yang dipilih agar bekerja dapat dilakukan dengan nyaman tanpa hambatan. Telkom Landmark Tower menyediakan Connext, coworking space yang dirancang untuk mendukung gaya kerja masa kini. Fasilitas yang lengkap dengan suasana yang profesional membuat coworking space di Telkom Landmark Tower ini menjadi pilihan ideal bagi para freelancer dan karyawan yang ingin meningkatkan produktivitas kerja.
Connext berlokasi strategis di Jalan Jend. Gatot Subroto, Jakarta, sehingga mudah dijangkau oleh berbagai moda transportasi publik seperti Transjakarta, KRL, dan MRT. Selain menyediakan ruang kerja mandiri, coworking space ini juga menyediakan ruang untuk kerja dengan tim hingga rapat kerja bersama klien. Kopi gratis yang tersedia sepanjang hari menambah kenyamanan bekerja sekaligus menjadi teman saat membangun relasi dan bekerja sama dengan tim.
Comments