April 2, 2025

CIptakan Meja Kerja yang Lebih Rapi dan Nyaman dengan 5 Cara Berikut!

Meja kerja penting untuk diperhatikan dan dibersihkan secara rutin agar bekerja dapat dilakukan dengan nyaman. Kenyamanan saat bekerja tentu memengaruhi motivasi bahkan ide saat mengerjakan tugas-tugas kantor. Namun kondisi meja kerja yang ditinggal terlalu lama menjadi tidak terurus. Setelah libur panjang, meja kerja sering kali menjadi terlihat berantakan atau dipenuhi dengan dokumen lama yang belum tertata karena ditinggal cukup lama. 

Menata ulang meja kerja menjadi langkah penting yang tidak boleh diabaikan agar dapat kembali bekerja dengan nyaman dan produktif. Lingkungan kerja yang rapi bukan hanya membuat suasana lebih menyenangkan, tetapi juga membantu meningkatkan fokus dan efisiensi kerja. Ini dia kiat menata meja kerja agar lebih rapi dan nyaman digunakan bekerja setelah libur panjang.


1. Letakkan Barang Seperlunya

Meja kerja bisa terlihat berantakan karena banyaknya barang yang menumpuk di satu tempat. Selain terlihat berantakan, hal ini juga akan menyulitkan #SobatTLT saat mencari barang. Sebaiknya barang-barang dan alat tulis kantor disimpan di tempat penyimpanan dan letakkan barang yang paling diperlukan di atas meja, contohnya laptop dan peralatan pendukungnya. Setelah selesai menggunakan barang, lekas kembalikan ke tempat asal penyimpanannya agar tidak menumpuk di meja. Hal ini akan membuat meja kerja menjadi lebih rapi dan nyaman dipandang.


2. Gunakan Organizer atau Laci 

Barang-barang dapat disimpan di organizer seperti rak kecil atau tempat khusus untuk menyimpan barang. Alat tulis dapat diletakkan di tempat pensil atau dokumen pekerjaan dapat disimpan di map atau kotak. Meletakkan barang di laci dapat meminimalisir terselip atau hilang karena disimpan di tempat yang aman.

3. Atur Kabel di Meja dengan Rapi

Kabel-kabel alat elektronik yang ada di satu tempat yang sama seringkali menjadi kusut dan berserakan. Selain tidak enak dipandang, kabel yang kusut juga menyulitkan #SobatTLT ketika ingin menggunakannya. Gunakan cable organizer atau penjepit kabel untuk menghindari kabel yang kusut dan berserakan. Mouse atau keyboard wireless juga dapat digunakan untuk mengurangi jumlah kabel di meja.

4. Jaga Kebersihan Meja Secara Rutin

Meja perlu dibersihkan secara rutin agar tidak ada debu dan kotoran yang menempel dan menumpuk di meja. Debu yang ada di meja dapat menyebabkan penyakit hingga memengaruhi kondisi kulit #SobatTLT jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, bersihkan meja dari debu dan kotoran setiap hari agar tetap nyaman digunakan. Jangan lupa untuk membuang kertas atau barang yang tidak terpakai untuk menghindari penumpukan barang yang tidak digunakan.

5. Terapkan Prinsip "Satu Masuk, Satu Keluar"

Barang yang terlalu banyak di meja akan membuat kondisi meja menjadi berantakan. Nah, #SobatTLT dapat menerapkan prinsip ‘satu masuk, satu keluar’. Setiap kali menambahkan barang baru ke meja, pastikan ada barang lain yang dikeluarkan atau disimpan agar meja tetap rapi. Prinsip ini dapat meminimalisir banyaknya barang yang dikeluarkan sehingga kondisi meja tetap rapi dan nyaman dipandang.

Suasana produktif saat bekerja dapat dibangun lewat kondisi ruangan, salah satunya dengan merapikan meja kerja. Kondisi meja kerja yang berantakan tentu akan membuat pikiran menjadi pusing sehingga semangat bekerja menjadi menurun. Sebaliknya, meja kerja yang rapi tentu akan meningkatkan motivasi kerja. Penting untuk menjaga meja kerja agar tetap rapi dan bersih, apalagi jika memiliki ruang kerja dengan pemandangan yang menarik seperti di Telkom Landmark Tower yang menghadap gedung-gedung pencakar langit. Selain menjaga pandangan agar tidak berantakan, meja kerja yang rapi juga mendukung suasana bekerja menjadi lebih positif dan membuat pikiran menjadi lebih fresh.

Comments