May 1, 2025

Bangun Relasi Lebih Mudah di Kantor dengan 5 Cara Ini!

Tidak hanya menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan, karyawan juga dianjurkan untuk menjalin interaksi dan membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja di kantor guna meningkatkan keakraban dan suasana kerja yang positif. Banyak bersosialisasi dan bergaul di kantor bukan hanya sekadar basa-basi. Ada banyak manfaat yang didapat jika bisa menyesuaikan diri dan akrab dengan rekan kerja yang ada di kantor. 

Dalam buku Trik Sukses Menjalani Relasi, Nalani Niran menjelaskan bahwa salah satu manfaat membangun hubungan yang baik adalah memudahkan seseorang untuk mendapatkan dukungan atau bantuan ketika menghadapi masalah. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, bisa saja suatu saat nanti #SobatTLT membutuhkan bantuan orang lain dalam hal pekerjaan maupun di luar pekerjaan. Oleh karena itu, penting untuk bergaul dan mengakrabkan diri dengan rekan kerja di kantor, terutama bagi karyawan yang baru mulai bekerja. Ini dia tips bergaul di kantor untuk karyawan baru yang dapat #SobatTLT coba terapkan!


1. Tunjukkan sikap ramah dan terbuka

Sikap ramah dan terbuka saat bergaul di kantor merupakan salah satu kunci utama untuk membangun hubungan kerja yang baik dan menciptakan lingkungan kerja yang positif. Penting untuk mengawali hari dengan senyuman dan sapaan hangat untuk menunjukkan keramahan dan sifat positif saat bekerja. Sebaiknya #SobatTLT juga menyapa rekan kerja saat berpapasan untuk menunjukkan rasa hormat dan kepedulian. Sikap ramah dan terbuka juga memudahkan dalam membangun komunikasi yang sehat. Tentu berdiskusi, memberikan masukan, bahkan menawarkan bantuan saat dibutuhkan dapat dilakukan dengan lebih nyaman saat yang lain merasa #SobatTLT mudah diajak bicara.


2. Inisiatif untuk berkenalan lebih dulu

Mengambil inisiatif untuk berkenalan lebih dulu menjadi langkah penting yang dapat mempercepat proses adaptasi dan membangun hubungan yang akrab dengan rekan kerja, terutama jika #SobatTLT masih baru di kantor. Langkah ini menunjukkan bahwa #SobatTLT lebih terbuka, percaya diri, dan memiliki semangat kolaboratif yang akan sangat dihargai dalam lingkungan kerja profesional. Inisiatif ini bisa dilakukan secara sederhana, misalnya saat bertemu di pantry, di lift, atau setelah rapat dengan cara menyapa atau menanyakan nama. Jika memungkinkan, #SobatTLT juga dapat menyisipkan percakapan ringan saat bertemu rekan kerja. Percakapan awal seperti ini dapat membuka peluang untuk obrolan yang lebih dalam ke depannya.


3. Ikut terlibat dalam aktivitas kantor

Keakraban dan komunikasi yang kuat juga dapat terjalin jika sering melakukan aktivitas bersama rekan kerja. Oleh karena itu, mengikuti kegiatan kantor yang diadakan di luar jam kerja menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan, terutama bagi karyawan baru. Kesempatan ini memungkinkan #SobatTLT untuk berinteraksi dengan rekan kerja di suasana yang lebih santai. Kegiatan seperti makan siang bersama atau outing dapat menjadi momen yang tepat untuk mengenal satu sama lain sekaligus menunjukkan sisi lain yang mungkin tidak terlihat saat bekerja. Melalui aktivitas kantor, mungkin #SobatTLT juga akan menemukan kesamaan minat atau hobi dengan rekan kerja yang dapat memperkuat hubungan di kantor.


4. Tunjukkan etika dan profesionalisme

Menunjukkan etika dan profesionalisme di tempat kerja bukan hanya penting untuk membangun citra diri yang baik, tetapi juga menjadi kunci agar #SobatTLT bisa akrab dan dihargai oleh rekan kerja. Sikap profesional akan membuat orang lain merasa nyaman dan percaya untuk berinteraksi, baik dalam urusan pekerjaan maupun hubungan sosial sehari-hari. Etika kerja yang baik mencakup hal-hal sederhana seperti datang tepat waktu, menghargai pendapat orang lain, menjaga sopan santun dalam komunikasi, serta menjaga privasi dan ruang kerja rekan kerja. Sikap profesional tidak hanya ditunjukkan lewat kemampuan kerja, tapi juga tercermin dari penampilan yang rapi, tanggung jawab yang dijalankan dengan konsisten, serta keterbukaan terhadap masukan untuk terus berkembang.


5.Bersikap aktif dan tunjukkan kepedulian

Bersikap aktif selama di kantor bisa menjadi salah satu cara agar #SobatTLT dapat bergaul dan lebih akrab dengan rekan kerja. Selama bekerja, #SobatTLT perlu berpartisipasi aktif dalam kegiatan meeting atau saat menjalani proyek yang sedang dikerjakan untuk membangun relasi yang solid. Sikap ini akan membuat #SobatTLT menjadi lebih dikenal dan dihargai oleh rekan kerja, terutama yang terlibat langsung dalam bidang pekerjaan yang sama. Selain itu, penting untuk menunjukkan rasa kepedulian terhadap rekan kerja, baik dalam hal pekerjaan maupun saat rekan kerja membutuhkan bantuan di luar pekerjaan. Menjadi karyawan dengan rasa kepedulian yang tinggi akan membuat #SobatTLT menjadi karyawan yang lebih dihargai, sekalipun masih baru dalam lingkungan kantor.


Telkom Landmark Tower Tersertifikasi Sebagai Tempat Kerja yang Baik

Selain berbagai usaha yang dilakukan #SobatTLT untuk berusaha bergaul dan mengakrabkan diri, lingkungan kerja yang mendukung juga berpengaruh dalam proses pengenalan dan penyesuaian diri sebagai karyawan baru. Oleh karena itu, memiliki lingkungan kerja yang mendukung dan terbuka dengan karyawan baru menjadi hal yang berharga. Lingkungan kerja yang dikelilingi dengan rekan kerja yang ramah dan terbuka tentu akan membuat #SobatTLT nyaman selama bekerja.

Lingkungan kerja yang baik dan ideal akan tersertifikasi sebagai Great Place To Work dari lembaga Great Place To Work Institute. Bukan hanya berdasarkan pandangan pribadi saja, sertifikasi ini diambil dari pandangan para karyawan yang bekerja di kantor tersebut. Telkom Landmark Tower menjadi salah satu kantor yang telah meraih sertifikasi Great Place To Work karena berhasil memenuhi berbagai indikator sebagai tempat kerja yang menjunjung tinggi nilai tanggung jawab, kepedulian, dan lingkungan kerja yang positif. Penilaian yang dilakukan oleh seluruh TLT Squad ini mendapat persentase sebesar 97 persen. Hasil tersebut membuktikan bahwa Telkom Landmark Tower merupakan tempat kerja yang baik dengan lingkungan kerja yang saling mendukung untuk berkembang menjadi lebih baik ke depannya.

Comments